Say Hamdalah

tumblr_mcr7m7zvsx1qapk2qo1_500

Salah satu dari sekian banyak riwayat, hamdalah mempunyai tempat tersendiri dalam penggunaanya. Apabila mendapatkan kenikmatan hendaklah mengucapkan syukur alhamdulillah. Dalam riwayat, yang diriwayatkan oleh Nabi Daud As. bahwasanya ia berkata:

Ya Tuhanku, tidak ada satu rahmat pun pada diri anak Adam kecuali di atas dan di bawah rambut itu ada nikmat. Maka dengan apa anak Adam dapat mensyukuri nikmat itu?”

Maka Allah mewahyukan kepada Nabi Daud As:

“Hai Daud, sesungguhnya Aku telah memberikan nikmat yang sangat banyak, namun Aku rela dengan pujian yang sedikit. Dan sesungguhnya syukurmu atas nikmat itu adalah kamu mengerti dan mengakui bahwa nikmat nikmat yang telah kamu terima itu semuanya dariKu.”

Dari riwayat di atas, kita bisa mengambil pelajaran bahwa Allah Swt menganjurkan kita sebagai hambanya untuk mengucapkan syukur setiap waktu. Sebab, tidak ada jeda waktu kita luput dari nikmatnya. Bernafas, makan, minum, dan ribuan nikmat lainnya patut kita syukuri degan setiap saat mengucapkan “Hamdalah”.Tiada yang patut kita sombongkan di dunia ini. Kekayaan yang melimpah, jabatan yang tinggi, segala bentuk kenikmatan duniawi hanyalah titipan yang patutnya untuk kita syukuri. Bukan justru membuat kita lupa.

Alangkah malangnya jika kita lupa. Alangkah sombongnya kita jika hanya mengucapkkan hamdalah saja enggan. Padahal sudah jelas sesungguhnya syukurmu atas nikmat itu adalah kamu mengerti dan mengakui bahwa nikmat nikmat yang telah kamu terima itu semuanya dariKu.”

Banyak sudah kisah orang orang yang kufur atas nikmat Allah yang telah di binasakan. Salah satunya adalah raja Firaun. Kesombongan dan kekufuranya membuat Allah murka kepadanya, dia lupa bahwa segala nikmat yang dia terima asalnya datang dari Allh Swt.

Sebagai orang yang beriman dan beragama sudah seharusnya kita mengingat dan mengucap syukur atas segala nikmat yang telah di berikan kepada kita. Agar kita tidak termasuk ke dalam orang orang yang kufur akan nikmatNya.

Renungkan setiap kejadian, semoga kita tetap dalam limpahan rahmat dan menjadi pribadi yang pandai bersyukur. Amiiin

***

Catatan:

apabila di dalam artikel ini ada kesalahan. silahkan untuk di koreksi, dan apabila bermanfaat  silahkan untuk di share.

http://ashabulkahfie.com/?p=12100