Apa itu Kompetensi

Apa itu Kompetensi?

(Erie Sudewo)

“Kompetensi merupakan kemampuan dalam mengemban tugas, menyelesaikan pekerjaan atau menangani persoalan”

Kompetensi yang berasal dari kata competence  (kecakapan atau kemampuan). Bicara kemampuan artinya bicara ‘peningkatan diri’. Yang dalam hal peningkatan kemampuan, tiap orang akhirnya berbeda-beda. Dengan perbedaan, justru di situ indahnya. Bisa karena berbeda minat, atau berbeda kemampuan.

Perbedaan tersebut sesuai fitrah hukum alam. Sebab kompetensi terdiri atas dua hal, yakni kapasitas dan kapabilitas. Secara ringkas kapasitas dapat dijelaskan merupakan daya tampung. Setiap orang memiliki daya tampung yang berbeda. Sedangkan kapabilitas merupakan kemampuan mengelolah atau mengelola kapasitas.

Kapasitas tiap orang dapat ditingkatkan. Hanya dalam batas tertentu kapasitas tidak lagi dapat dikembangkan. Ini sesuai fitrahNya, sesuai hukum alam, setiap orang berbeda. Kepintaran BJ Habibie, masih ada yang lain. Pepatah China bilang ‘di atas gunung masih ada gunung yang lebih tinggi’

Kapabilitas terdiri atas 3K + P, yaitu komitmen, konsisten, kreativitas, dan pengalaman. Ada yang komit tetapi tidak konsisten, hasilnya tentu berbeda dengan orang yang komit dan konsisten. Lebih-lebih bila dia juga seorang yang kreatif.  Akhirnya pengalaman juga amat menentukan kapabilitas seseorang. Cerdas tapi minim pengalaman terasa ‘garingnya’. Bagaimanapun ustadz yang belum menikah, masih terasa mentahnya. Maka amat berbeda guru yang sudah berusia dengan guru yang baru lulus sekolah.

2 responses

  1. thanks buat yang ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s